Senin, 25 Mei 2009

Kuantitas Produksi jamur Tiram

Sender's name : yuriawan

Mau nanya,berapa total produksi jamur tiram untuk 1 baglog dan bagaimana cara memaksimalkan pertumbuhan jamur dlm baglog.Juga,setelah panen pertama,apa yang harus dilakukan untuk merangsang pertumbuhan jamur selanjutnya.maksudnya apa jamur untuk panen kedua tumbuh dari tempat yang sama dgn panen pertama atau baglog harus dilubangi ditempat lain atau gimana???Terimaksih atas segala bantuannya.

Saya jawab ya :)

1. Total produksi jamur tiram untuk satu baglog tergantung pada banyak hal, seperi nutrisi dan kondisi lingkungan. Nutrisi yang dimaksud terkait dengan media yang digunakan. Biasanya satu baglog dengan ukuran bobot 1 kg, mampu menghasilkan jamur dengan total bobot sekitar 500 gram (dengan jumlah panen sebanyak 5-6 kali). Ada beberapa media yang bahkan mampu menghasilkan bobot jamur dengan total lebih dari 1 kg. Refrensi untuk ini ada di buku2 mengenai budidaya jamur tiram

2. Memaksimalkan pertumbuhan jamur
kalau kita baca buku2 terkait dengan budidaya jamur, biasanya akan ada banyak variasi media tanam yang disarankan. Jika media itu sudah valid, maka kita cukup memperhatikan kondisi lingkungan (seperti kelembapan, suhu udara) agar sesuai untuk kondisi pertumbuhan jamur tiram. Kalau misal terlalu panas, baglog bisa disiram (disemprot dengan air). Bisa juga dengan meletakkan baglog pada kondisi tertutup (gelap)

3. Untuk pertumbuhan setelah panen pertama, cukup dengan cara membuka cincin pada leher baglog, lalu spora dirangsang dengan menyemprotnya dengan air.
Setelah panen kedua, baglog disarankan untuk dipotong mendatar (kira2 sekitar 1 cm dari bagian atas baglog). Dengan kata lain baglognya dipenggal :D
Lalu untuk merangsang spora, semprot saja dengan air. Satu hingga dua hari kemudian, bagian yang dipotong akan tertutupi kembali dengan spora.

Semoga bermanfaat :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar